Museum Negeri Sonobudoyo

Museum Negeri Sonobudoyo merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Unit mempunyai fungsi pengelolaan benda museum yang memiliki nilai budaya ilmiah, diantaranya koleksi pengembangan dan bimbingan edukatif kultural. Sedangkan tugasnya adalah mengumpulkan, merawat, pengawetan, melaksanakan penelitian, pelayanan pustaka, bimbingan edukatif kultural serta penyajian benda koleksi Museum.

Lokasi Museum Negeri Sonobudoyo

Museum ini berlokasi di pusat kota berada dalam lokasi yang strategis. Berada dalam lingkungan Pusat Budaya Yogyakarta yang banyak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri. Adapun alamatnya di Jalan Unit I di Jalan Pangurakan dan Unit II di Jalan Trikora Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

Sejarah Museum

Bentuk bangunan museum merupakan rumah joglo dengan arsitektur masjid keraton kesepuhan Cirebon. Didesain oleh Ir. Th. Karsten. Keberadaan museum erat hubungannya dengan sebuah yayasan masa Kolonial Java Institut dibidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok sebagai pencetus berdirinya Museum Sonobudoyo, yang diresmikan pada tanggal 6 November 1935, oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dengan ditandai Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahmana Budha”

Museum berisi tentang kebudayaan Jawa terlengkap dengan lebih dari 23.600 bendan seni dan sejarah. Benda-benda dalam museum ini berasal dari zaman Neolitikum hingga abad kedelapan seperti keris, tombak, wayang kulit, dan masih banyak lagi.

Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta_2

Foto : www.sonobudoyo.com

Fasilitas

  1. Candrakiranan atau Museum
  2. Layanan Manuskrip Dan Perpustakaan
  3. Gedung Pameran Temporer
  4. Auditorium
  5. Pondok Wayang
  6. Jasa Foto
  7. Museum Medical Center
  8. Area Disabilitas
  9. Toilet
  10. Mushola
  11. Area Parkir

Jam Operasional

Jam buka museum mulai dari hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB, sedangkan di Hari Senin tutup.

Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta_3

Foto : www.tgrcampaign.com

Harga tiket masuk Museum Sonobudoyo

  • Dewasa Perorangan Rp. 10.000 ,-
  • Anak-anak Perorangan Rp. 5.000 ,-
  • Wisatawan Asing Rp. 20.000 ,-

 

Di Area museum terdapat beberapa pagelaran, seperti Wayang Kulit, Wayang Topeng Panji, Pagelaran Wayang Orang,

Museum Sonobudoyo sebagai museum provinsi kedepannya diharapkan akan menjadi gambaran dari fungsi museum dalam hal pelayanan dan optimalisasi fungsi, dengan melihat potensi yang dimiliki, sehingga akan mempunyai prospek dan peluang untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan, dalam rangka menghadapi persaingan baik pada level Nasional maupun Internasional.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, yuk, segera kunjungi Kawasan tersebut bersama Rentcardjogja. Silahkan hubungi nomor Whatsapp 08773877861 (Admin Rentcardjogja) untuk mendapatkan Info Paket Wisata Jogja dan Rental Mobil Jogja.

Sumber :
www.sonobudoyo.com